Duel FIFA Matchday di Gelora Bung Tomo Ketat, Timnas Indonesia Diharap Bungkam Turkmenistan



Selebrasi Timnas Indonesia ketika Egy 
Maulana Vikri mencetak gol dalam satu laga, beberapa waktu lalu. Dati liri terlihat, Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Egy Maulana Vikri dan Asnawi Mangku Alam (Foto: Dok. pssi.org)


NuansaBaru.ID, SURABAYA - Timnas Indonesia kembali akan disaksikan publik sepak bola Indonesia dalam laga ujicoba internasional. Laga FIFA Matchday kali ini Timmas Indonesia akan menjajal Timnas Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat, (8/9-2023) pukul 19.30 WIB 


Laga yang merupakan agenda Federasi Sepak Bola Dunia FIFA ini, selain akan menunjukkan progres performa tim asuhan pelatih Shin Tae-yong (STy), secara otomatis hasilnya akan berpengaruh pada peringkat dunia Timnas Indonesia versi FIFA.

Duel kedua timnas ini diperikrakan berlangsung ketat. 
Data riil dalam 4 kali tampil dalam laga ujicoba internasional sebelumnya, Tim Garuda baru sekali menang 2 kali seri dan sekali kalah. Namun, hasil itu dinilai tak mengecewakan. Ada catatan positif yang relatif bisa melegakan prospek persepakbolaan Indonesia ke depan.

Diantaranya, Timnas Indonesia racikan pelatih STy plus Ketum PSSI Erick Thohir, 'berani mencoba' melawan tim-tim yang peringkatnya jauh lebih tinggi. Bahkan, sangat berani melawan peringkat 1 Dunia, Argentina.

Gambaran review-nya, lawan Timnas Burundi dalam 2 kali laga hasilnya cukup bagus. Pada laga .
leg 1, 25 Maret 2023, Timnas Indonesia menang 3-1. Sedangkan laga leg 2 melawan timnas dari Benua Afrika itu, 28 Maret 2023, Burundi main 'ngotot' sehingga hasilnya seri 2-2.

Pasalnya, Burundi yang peringkatnya 141 melawan Indonesia yang peringkatnya hanya 151 ketika itu, tak mau dipermalukan kalah 2 kali oleh tim yang peringkatnya terpaut 10 lebih rendah.

Bagaimana ketika melawan Palestina, 14 Juni 2023? Hasilnya, Tim Merah Putih mampu menahan imbang Palestina 0-0. Padahal peringkat FIFA Palestina saat itu jauh di atas Indonesia yakni peringkat 96 dunia. Sementara Indonesia hanya peringkat 150. Selisihnya 53  namun Indonesia bisa mengimbangi.

Berikutnya melawan Timnas Argentina, juara Piala Dunia Qatar 2022 dan juga peringkat 1 dunia. Timnas Indonesia yang hanya kalah 0-2 dari juara dunia, lantaran peringkat Indonesia terpaut 149. Meski Tim Garuda tak mampu menciptakan gol, namun si Raja sepak bola dunia itu tidak mudah menaklukkan Elkan Baggott dan kawan-kawan.

Bahkan dari skema bola mati ketika Pratama Arham melakukan lemparan ke dalam ciri khasnya, sempat membuat panik penjaga gawang dan pertahanan Argentina di area penalti. 

Tak hanya itu, aksi Jordi Amat, Elkan Baggot dan Asnawi Mangku Alam mampu membuat serangan Argentina sulit tembus. Dua gol yang diciptakan Argentina ketika itu hanya tercipta berkat kualitasnya sebagai tim superior yang mampu memanfaatkan kesalahan kecil lawan. 

Nah, bagaimana menghadapi Timnas Turkmenistan? Lagi-lagi timnas yang kali ini dari daratan Eropa, bagia dari Uni Soviet, peringkatnya di atas Indonesia. Turkmenistan saat ini peringkat 138, sedangkan Indonensia sementara peringkat 150 atau berada di atas 12 peringkat dari Indonesia.

Mampukah Timnas senior Indonesia memenangi duel ini, paling tidak mengimbangi timnas dari negara yang masih bagian dari Uni Soviet ini? Ataukah Tim Garuda bakal keok di kandangndarintim yang berjuluk Karakum Warriors itu?

Pelatih Turkmenistan Akui Kualitas STy dan Timnas Indonesia Berbahaya

Pelatih Turkmenjstan sendiri, Mergen Orazov, entah basa-basi atau semacam strategi psywar dingin. (semacam strategi merendah), pelatih 35 tahun itu mengakui Timnas Indonesia punya pelatih bagus, skuadnya merata dan punya kedalaman sehingga Indonesia tim yang berbahaya.

"Kami tidak menganggap satu pemain saja yang berbahaya, tapi yang bahaya adalah keseluruhan tim,” ujar Mergen Orazov dalam konferensi pers jelang laga melawan Timnas Indonesia, Kamis, (7/9-2023). Kendati demikian, Timnas Turkmenistan tidak gentar dan siap memberi permainan terbaiknya.

"Mereka (maksudnya Timnas Indonesia) punya pelatih yang bagus dan terorganisasi dengan bagus, tapi kami sudah siap untuk melawan Indonesia. Saya percaya dengan tim saya,” ujarnya optimis.

Semenyptara itu menuju laga tersebut, STy sebagai pelatih Timnas Indonesia telah memanggil 24 nama pemain, baik dari tim Liga 1 maupun pemain naturaisasi yang direktut dari nebara lain.

Dahanbnya menjelanb laga, ramai mengemuka ada sedikitnya 4 atau 5 pemain yanh di-back up cedera. Melasnya, ada nama, Yakop Sayuri dan Yanve Sayuri, Shaine Pattynama, Dimas Drajat dan Ricky Kambuaya. Hanya saja publik sepak bola Indoensia hakin STy bisa mengatasi itu.

Apalagi dalam laga international friendly match ini bakal disebut-sebut bakal diturunkan pemain hasil rekruitmen yang selama ini belum diberdayakan. Diantaranya, Sandy Walsh (naturalisasi) l
penjaga gawang juara Liga 1 PSM, Reza Arya Pratama, Egy Maulana Vikri yang pernah terpinggirkan da hanb lainnya.

Mampukah Jordi Amat dan kawan-kawan memenangi laga ini, atau hanya mengimbangi tim yang peringkatnya di atas, ataukah malah keok di kandang? Jawabannya, saksikan duel seru di Stafion Gelora Bung Tomo Surabaya, yanb tayang di RCTI, Jumat, (8/9-2023.), pukul 19.30 WIB

Yang pasti, masyarakat Indonesia, utamanya pencinta bola berharap Jordi Amat dan tandemnya bisa menunjukkan kualitasnya membungkam Timnas Turkmenistan. (*).

Prediksi Skuad Timnas Indonesia vs Turkmenistan

Timnas Indonesia:

Reza Arya Pratama; Fachruddin Aryanto, Sandy Walsh, Jordi Amat; Edo Febriansyah, Alfaro Dewangga, Marc Klok, Asnawi Mangkualam; Egy Maulana Vikri, Dendy Sulistyawan, Stefano Lilipaly.^

Pelatih: Shin Tae-yong
Pola:

Timmas Turkmenistan

Rasul Charyyev; Mekan Saparov, Guychmyrat Annagulyyev, Ykhlas Toydzhanov, Abdy Byashimov, Arzuvguly Sapargulyev; Teymur Charyyev, Akhmet Ataev, Murat Annaev; Begmyrat Bayov, Altymurad Annadurdyev.

Pelatih: Mergen Orazov
Pola : (5-3-2)

Penulis: M. RENALDI
Editor: ABDUL



Topik Terkait

Baca Juga :