Libas Arema FC 3-0 di SGBJH Parepare Jawab Kerinduan Fans akan Kebangkitan PSM



Aksi Ricky Pratama mengecoh pertahanan Arema FC dan berhasil menciptakan gol ke-3 PSM di SGBJH Parepare (Foto: Dok PSM).

NuansaBaru.ID, PAREPARE - Setelah terpuruk alias selalu kalah dalam 5 laga terakhir, ternyata PSM Makassar mulai bangkit. Sebagai tuan rumah, PSM melibas Arema FC dengan skor meyakinkan 3-0. 


Gol diciptakan striker jangkung PSM Adilson da Silva 42' dan 83', kemudian ditutup dengan gol ke-3 melalui aksi individu Ricky Pratama 90+7'. 

Atas kemenangan ini PSM merangsek dari posisi ke-13 ke posisi ke-10 klasemen dengan koleksi poin 21.  Sementara Arema FC stagnan di posisi ke-16 klasemen sementara liga 1, pekan ke-16 karena baru mampu meraih 13 poin.

Kemenangan ini juga kian memperlebar keunggulan PSM dalam 6 kali pertemuan dengan Arema FC. Jelasnya, PSM menang 4 kali, seri 1 kali dan kalah 1 kali. Kalau dibalik, Arema FC hanya menang 1 kali, seri 1 kali dan kalah 4 kali.

Tinjauan Jalannya laga

Laga pekan ke-16 BRI Liga 1 musim 2023/2024 setelah jedah internasional, berlangsung di markas PSM, Stadion Gelora Baharuddin Jusuf Habibie (SGBJH), Kota Parepare, Jumat, (20/10-2023), pukul 19.00 WIB atau pukul 20.00 WITA di wilayah PSM.

Duel kedua tim yang dikenal pernah meraih tropy dalam kompetisi sepak bola Indonesia, berlangsung ketat. Tim asuhan pelatih Fernando Valente, Arema FC sebagai tim tamu berani bermain cepat dan agresif menghadapi PSM. 

Tim racikan pelatih PSM Bernardo Tavares, rupanya tak mau kecolongan lagi, setelah sebelumnya, keok 5 kali. Muhammad Arfan Cs melayani permainan cepat Arema dan  merapatkan pertahanan yang dikawal Yuran Fernandez dengan tandemnya. 

Serangan pun silih berganti, namun hingga menit ke-40 babak pertama masih terjadi kebuntuan. Singo Edan, julukan Arema yang mengandalkan Gustavo Almeida yang didukung Ariel Luciero, Dedik Setiawan dan yang lainnya tak mampu membobol gawang PSM.

Gustavo Almeida memang punya peluang dengan aksi individunya di rusuk kanan pertahanan PSM. Gustavo berkelit mengecoh pertahanan PSM lalu melepaskan tendangan keras sekira menit ke-29, namun masih dapat di-blok penjaga gawag PSM Reza Arya Pratama. 

Demikian juga peluang pemain Arema Charles Lokolingoy menit ke-39 juga tak bisa dikonversi menjadi sebuah gol.  Bahkan hanya berselang 2 menit kemudian, justru Ananda Rehan yang disebut-sebut bisa mengganti posisi Wiljan Pluim yang hengkang dari PSM, menunjukkan aksinya.

Pilar Timnas U-23 itu menyodorkan bola sebagai umpan terobosan ke Adilson da Silva. Rupanya striker jangkung berkulit hitam Adilson yang telah sekian lama ditunggu gregetnya, tampil percaya diri.

Pemain bernama lengkap Adilso Gancho da Silva mampu melewati 2, 3 pertahanan Arema kemudian mengecoh penjaga gawang Yulian Schwarzer dan mencetak gol pembuka PSM menit ke-42. Skor 1-0 untuk Pasukan Ramang bertahan hingga 45+1' babak pertama.

Di babak ke-2 Arema FC pada menit-menit awal mencoba lebih agresif menyerang dan mengurung pertahanan PSM untuk mengejar ketinggalan. Bahkan sempat merapat ke depan gawang. 

Namun, pertahanan dan penjaga gawang PSM tetap solid mengantisipasi setiap serangan Arema. Meski, Daffa Salman, rekruitmen baru PSM dari Tasikmalaya, harus ditandu keluar lapangan karena cedera. 

Skuad Juku Eja, yang banyak dimotori pemain muda juga acapkali melakukan seranga balik berbahaya yang mengancam gawang Arema. Tercatat hingga menit ke-70-an, belum ada pergantian pemain kedua tim.

PSM  Turunkan Banyak 
Pemain Muda 

Momen berikutnya kedua pelatih melakukan rotasi untuk amunisi baru sekaligus memberi jam terbang pemain yang lain. Di kubu PSM diantaranya diturunkan, Ricky Pratama, Victor Deltan dan yang lainnya yamb rata-rata pemain muda, 

Dengan rotasi itu dalam 15 menit sebelum waktu normal, serangkan PSM lebih mengigit. Pada 1 momen di lapangan tengah area Arema FC, Ricky Pratama menyodorkan bola ke depan. 

Identik dengan gol pertama, Adilson Silva kembali menunjukkan aksi ciamik dan membobol lagi gawang Arema menit ke-83. Skor 2-0 untuk PSM. Sorak-sorai supporter PSM yang memadati Stadion Gelora BJ Habibie kian bergema.

Arema FC yang sempat menunrunkan Akhan Fitri pemain muda yang ikut memperkuat Timnas Indonesia saat melawan Brunei, ternyata belum bisa membuat Arema mencetak gol. Hingga waktu normal skor bertahan 2-0 dan wasit memberikan additional time 7 menit.

Di penghujung pertandingan, rupanya pertahan Arema agak frustrasi dan lengah. Salah satu pemain muda PSM Ricky Pratama yang menerima suplay bola di depan gawang melakukan aksi cemerlang.

Ricky Pratama mampu meliuk-liuk melewati 2  3 hingga 4 pemain kemudian memberikan tendangan ng ternyata mampu merobek gawang Arema FC di masa injury time atau menit ke-90+7'. Skor berubah menjadi 3-0 untuk kemenangan PSM yang bertahan hingga laga berakhir.

Kendati sedikitnua 3 pemain pilarnya, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri dan Everton Nascimento tidak turun, namun skuad yang kebanyakan pemain muda tersebut mampu membuat Arema tak berkutik. 

Oleh kalangan simpatisan PSM, kemenangan ini dinilai sebagai pengobat kerinduan akan kebangkitan PSM yang sempat seperti kehilangan taji dalam 5 laga sebelumnya. "Semoga kebangkitan ini berlanjut dan PSM tetap konsisten pada pertandingan selanjutnya, " kata Irfan, seorang PSM mania di Parepare. (*).

Starting Eleven Kedua Tim

PSM Makassar: Reza Arya Pratama; Safrudin Tahar, Yuran Fernandes, Daffa Salman; Yance Sayuri, Muh. Arfan, Ananda Raehan, Akbar Tanjung, Reza Eka Pratama; Adilson Silva, Dzaky Asraf

Pelatih: Bernardo Tavares

Formasi: (3-5-2)

Arema FC;

Julian Schwarzer; Achmad Figo, Ichaka Diarra, Bagas Adi Nugroho, Ahmad Maulana; Ariel Luciero, Jayus Hariono, Charles Lokolingoy, Ginanjar Wahyu; Gustavo Almeida, Dedik Setiawan

Pelatih: Fernando Valente

Formasi:  (4-4-2) (*).

Penulis: MUSAFIR MUCHTAR
Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :