Menanti Gebrakan Awal Timnas Indonesia vs Brunei di Laga Perdana Kualifikasi Piala Dunia 2026

Seteru Tim Garuda yang Kebanyakan Muda Lawan Tim Tawon yang Kebanyakan Senior. Siapa Pemenangnya?



Dari kiri, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Kaptennya Snawi Mangku Alam, Kapten Timnas Brunei Darussalam Hendra Zam Idris dan pelatihnya Mario Rivera, usai konferensi pers sehari sebelum peryandingan. (Foto: PSSI).

NuansaBaru.ID, JAKARTA - Timnas Indonesia mulai tampil menghadapi Brunei Darussalam di Babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Laga perdana tersebut berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis, (12/10-2023), pukul 19.00 WIB. Disiarkan langsung RCTI dan Vision Plus.

Pertemuan tim Asia Tenggara ini menjadi ajang pembuktian dua tim yang menampilkan skuad yang berbeda dari segi usia pemain. Indonesia mengusung kebanyakan pemain muda, sementara Brunei Darussalam mengandalkan kebanyakan pemain senior.

Dari segi usia Skuad Timnas Indonesia, kebanyakan usia 20-an tahun. Betvariasi mu,ai dati usia 18 tahun dan maksimal hanya usia 34 tahun, Gambarannya, Elkan Baggott, Rafael Struick, Ramadhan Sananta dan Dhaky Asraf (20 tahun).

Kemudian Ednando Ari, Pratama Arhan dan Rizky Ridho (21 tahun). Bahkan yang termuda, ada Marselino Ferdinan (19 tahun) dan Arkan Fikri (18 tahun).

Usia 22 tahun ke atas hingga 28 tahun, ada Witan Sulaeman (22 tahun), Egy Maulana Vikri (23 tahun), Asnawi Mangkualam dan Saddil Ramdani dan Rachmat Irianto (24 tahun).

Sedangkan Sayne Pattinawa, Wahyu Prasetyo (25 tahun), Nadeo Argawinata dan Edo Febriansyah (26 tahun), Ricky Kambuaya dan Syahrul Trisna (27 tahun) dan Sandy Walsh (28 tahun).

Sementaran yang usia 30-an tahun hanya Marc Klok (30 tahun) dan Fachruddin Aryanto (34 tahun).

Sementara Bunei Darrussalam dari tal 25 pemain yang dipersialkan untuk laga ini sedikitnya ada 9 (sembilan) pemain yang cukup senior dan telah berusia di atas 30-an tahun. Sebut saja ada nama Najib Tarif (35 tahun), Fakharrazi Hassan (34 tahun), Afi Aminuddin (32 tahun) dan Abdul Mu'iz Sisa (32 tahun)


Seterusnya, ada lagi nama Azwan Ali Rahman (31 tahun), Sang kapten Hendra Azam Idris (35 tahun), Khairil Shahme Suhaimi (30 tahun), Adi Said (32 tahun), dan Abdul Azizi Ali Rahman (36 tahun). Pemain termuda adalah Nazry Aiman Azaman (19 tahun). Daan yang lainnya kisaran 20-an tahun.



Euforia Skuad Timnas, terlihat Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam ketika Egy Maulana Vikri mencetak gol dalam sebuah pertandingan (Foto: Dok. PSSI.) 

10 (Sepuluh) Pemain Indonesia Punya Pengalaman Main di Klub Luar Negeri

Nah, siapa pemenang dari laga ni? Tentu saja yang menentukan performa skuad di lapangan serta strategi dan taktis pelatih. Yang pasti, meski usianya kebanyak muda penyemangat bagi timnas senior di ajang kualifikasi piala dunia kali ini, bahwa terbilang untuk pertama kalinya dihuni pesebakbola yang relatif banyak bermain di klub-klub negara lain.

Terhitung ada 10-an pemain yang punya pengalaman berkiprah di negara-negara Asia maupun di Eropa sana, walaunmasih di level liga 2. Sebut saja sang Kapten Tim, Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons Korea Selatan), Pratama Arhan (Tokyo Verdy Jepang), Elkan Baggott (Ipswich Town Inggeris), dan Saddil Ramdani (Sabah FC Malaysia).

Demikian juga sang pemain penjelajah Marselino Ferdinan (KMSK Dienze Belgia), Sandy Walsh (KV Mechelen Belgia), Shayne Pattynama (Viking FK Norwegia) dan Rafael Struick (ADO Den Haag Belanda). Bahkan, Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri juga termasuk telah memiliki pengalaman bermain di klub luar negeri Slovakia.

Mampukah pemain-pemain senior Brunei yang telah memiliki banyak caps di negaranya, meredam gempuran-gempuran permainan militan Timnas Indonesia? Menarik ditonton faktanya di lapanga hijau.

Apalagi diprediksi dalam laga kali ini, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong akan menerapkan strategi opensif menghadapi Brunei Darussalam dengan perkiraan formasi (3-4-3).

Sementara pelatih Brunei Darussalam Mario Rivera ada bocoran kemungkinan akan memilih pola permainan bertahan (defensif) dengan formasi ,(4-5-1) dan mengandalkan 1 penyerang di depan yakni Adi Saldi. 

Meski Timnas Indonesia diunggulkan, pelatih Brunei. Mario Rivera mengatakan, saat ini sepak bola di Asia Tenggara sudah menunjukkan kemajuan. Dan Brunei Darussalam bisa buat kejutan.

"Kami memiliki waktu untuk mempersiapkan tim, apalagi pemain kami sekarang sudah jauh berbeda ketimbang saat Piala AFF 2022 lalu. Kondisi kami sekarang jauh lebih baik," ujar Mario Rivera. 
(*)

Prakiraan Pemain Timnas 
Indonesia vs Brunei Darussalam

Timnas Indonesia:

Ernando Ari; Sandy Walsh, Rizky Ridho, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan; Egy Maulana Vikri, Ramadhan Sananta, Rafael Struick.


Pelatih: Shin Tae-yong
Formasi: (3-4-3)
Kapten: AsnawinMangkualam


Timnas Brunei Darussalam: 

Haimie Abdullah; Najib Tarif, Fakharrazi Hassan, Afi Aminuddin, Yura Indera Putera; Azwan Ali Rahman, Hendra Azam Idris, Khairil Shahme Suhaimi, Hakeme Yazid Said, Haziq Kasyful; Adi Said.


Pelatih: Mario Rivera
Formasi: (4-5-1)
Kapten: Hendra Azam Idris. (*),


Penulis: RENALDI
Editor: ABDUL

Topik Terkait

Baca Juga :