Kapolres Sidrap Bangga Punya Prajurit Bhayangkara Sejati Darmabaktikan Diri di Kepolisian

Makna dari Tradisi Pedang Pora Pelepasan 3 Personel Purnabakti Polres Sidrap 



Suasana 1, Upacara Pedang Pora Pelepasan 3 Personel Polres Sidrap yang tiba masa purnabakti (Foto: Sihumas Polres Sidrap/Azis) 

NuansaBaru.ID, PANGKAJENE SIDRAP - Markas Komando Kepolisian Resort Sidenreng Rappang hari itu terlihat ramai. Suasananya beda dengan apel pagi biasa yang rutin.  

Di pagi yang cerah itu, tampak personel berseragam Polri sekitar lebih-kurang 100-an orang siap mengikuti acara spesial. Upacara Tradisi Pedang Pora yang dipersembahkan Polres Sidrap untuk melepas anggota purnatugas yang selama ini mendedikasikan diri untuk mengabdi kepada Polri, khususnya Polres Sidrap. 

Upacara Pedang Pora tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah. S.I.K., M.H didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Sidrap Ny. Siska Erwin Syah. Dihadiri para Pejabat Utama, personel Polres Sidrap dan juga jajaran pengurus dan anggota Bhayangkari Cabang Sidrap.

Sepeti diketahui Upacara Pedang Pora ini menjadi tradisi bagi personil yang semacam menjalani wisuda purnabakti. Upacara spesial tersebut sebagai simbol upacara penghormatan atas jasa-jasa pengabdian anggota yang selesai masa tugasnya. 

Dengan harapan, kepada personil yang purnabakti dalam memasuki masa pensiun untuk tetap mengabdi kepada bangsa dan negara di luar institusi kepolisian. Selain itu, personil yang pensiun juga diharapkan tetap melekatkan jiwa Tribrata dan Catur Prasetya Polri di lingkungan masyarakat. 


Suasana 2, Upacara Pedang Pora Pelepasan 3 Personel Polres Sidrap yang tiba masa purnab
akti (Foto: Sihumas Polres Sidrap/Azis) 

Apa yang Diperbuat para Senior Jadi Contoh bagi Yunior

Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah pada momen itu mengatakan bahwa hari ini kami Polres Sidrap merasa bangga mempunyai prajurit-prajurit bhayangkara sejati yang bisa mendarmabaktikan dirinya di kepolisian Republik Indonesia, khususnya Polres Sidrap.

“Saya mengapresiasi dan menaruh bangga dan hormat pada mereka, mudah-mudahan mereka bisa menjadi contoh kepada kami yang muda-muda untuk bisa mendarmabaktikan diri kita sampai nanti di masa pensiun, " ujar Erwin Syah, Senin, (5/11-2023).  

Kapolres Sidrap menambahkan, tentunya apa yang telah mereka perbuat para senior ini akan menjadi gambaran dan menjadi contoh bagi kami yang junior-junior untuk meneruskan melanjutkan perjuangan para purnawirawan itu. 

"Mereka para pejuang-pejuang negara,  pejuang-pejuang kepolisian untuk menjalankan tugas sebagai pengayom, pelindung, dan pelayan masyarakat, " cetusnya.

Usai Upacaa Pedang Pora dilanjutkan dengan
santap siang bersama. Kebersamaan dalam suasana damai dan ceria Kapolres Sidrap bersama PJU Polres Sidrap dan jajarannya mengakhiri rangkaian upacara pelepasan 3 personel yang memasuki masa purnabakti. (*).

Penulis: SUCI SRI WAHYUNI
Editor: ABDUL

Topik Terkait

Baca Juga :