Sosialisasi Masuk Polisi TA. 2024 Biro SDM Polda Sulsel Sasar Daerah Terpencil

Tempuh Jalur Menantang Sekira 4 Jam dan Beri Bantuan Alat Sekolah 

di Desa Tapong Tellulimpoe Bone



Kabagdalpers Biro SDM Polda Sulsel AKBP Aris Bachtiar dan rombongan berpose bersama di Desa Tapong. (Foto: Dok. Bidhumas Polda Sulsel) 

NuansaBaru ID, TAPONG BONE - Terik mentari pagi hari itu dibarengi hujan gerimis sekira pukul 10.00 WITA seakan menyapa rombongan ketika sampai di Desa Tapong, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Bone Provinsi Sulsel, Sabtu, (13/1-2024).

Kali ini, tampak Tim Medsos Biro SDM mengikuti tour Kabag Dalpers Biro SDM Polda Sulsel AKBP Aris Bachtiar bersama staf mengunjungi desa itu. Kabag Dalpers (Kepala Bagian Pengedalian Personel) Biro SDM didampingi Kapolsek Tellulimpoe Polres Bone, Iptu Sudirman untuk menyosialisasikan tatacara masuk polisi TA. 2024 ke warga di daerah pelosok.

Untuk diketahui, Desa Tapong merupakan desa yang terletak di kawasan pegunungan yang dikelilingi sungai-sungai kecil. Desa ini, secara demogtprafi letaknya unik juga. Desa Tapong yang sejatinya meŕupakan wilayah Kabupaten Bone berada di sekitar pertengahan antara Kabupaten Barru, Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Wajo.

Sepanjang perjalanan, terlihat kondisi jalan yang memprihatinkan juga. Banyak yang rusak, berlubang maupun bergelombang, kemudian sisi kiri dan kanan dipenuhi perkebunan dan hutan belantara. Olehbkarenanya, perjalanan yang menuju lokasi sasaran yang menelaan waktu sekira 4 jam itu ternilang menantang,

Setelah tiba di lokasi Desa Tapong rombongan Tim Sosialisasi disambut Kepala Desa Tapong Ridwan dan warga masyarakat setempat.


Atas: Kabagdalpers SDM Polda Sulsel AKPB Arus Bachtiar serahkan bantuan alat sekolah. Bawah: Anak-anak sekolahan dan warga bergambar bersamba rombongan Biro SDM Polda Sulsel (Foto: Dok. Bidhumas Polda Sulsel). 


Biro SDM Polda Sulsel Kunjungi Sekolah yang Dibangun Andi Rian Semasa Menjabat Kapolda Kalsel

Kabagdalpers Biro SDM Polda Sulsel AKBP Aris Bachtiar dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat setempat yang anaknya berminat masuk polisi untuk didata dan didaftarkan.

"Bapak Ibu sekalian, kedatangan kami di sini sebagai tindaklanjut perintah Bapak Kapolda Sulsel terkait pendataan masuk polisi bagi warga pedalaman dan pelosok terpencil,. Permohonan maaf Bapak Kapolda Sulsel tidak sempat hadir karena padatnya kegiatan beliau. Olehnya itu kedatangan kami untuk melihat langsung sekaligus mensosialisasikan masuk polisi, " tuturnya.

" Jika ada ana' ta atau keluarga ta yang ingin masuk polisi akan kami datakan," ujar Kabagdalpers di-variasi dialeg kampung.

Dalam tahun ini, urai Kabagdalpers, akan dibuka penerimaan polisi secara terpadu baik Akpol, Bintara dan Tamtama. Dan juga dibuka seleksi rekruitmen proaktif (rekrpro) bagi yang memiliki kemampuan akademik dan non akademik serta prestasi olahraga.

"Masuk Polisi khusus daerah terpencil akan kami datakan sejak dini untuk mencari bibi-bibit dan akan kami laporkan ke pimpinan untuk nantinya akan dibina dan dilatih dalam mempersiapkan seleksi nantinya, " imbuh Kabagdalpers mengajak.

Rombongan Tim Sosialisasi saat itu, selain melakukan sosialisasi juga memberikan bantuan alat sekolah kepada sekolah UPT (.Unit Pelaksana Teknis) Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, SDN Inpres 5/81 Tapong.

Sekolah tersebut torehkan catatan tersendiri, khususnya bagi Kapolda Sulsel saat ini. SDN 4/81 Desa Tapong itu dibangun Irjen Pol Andi Rian R Djajadi semasa menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel).

Adapun bantuan alat sekolahan yang diberikan di sekolah itu, diantaranya papan tulis, bendera merah putih, buku, pulpen, spidol, penghapus dan mistar.

Kepala Desa Tapong Ridwan yang tampil memberikan sambutan, sangat berterimakasih atas kunjungan dan bantuan serta kepedulian Polda Sulsel di daerah Tapong.

"Saya mewakili seluruh warga Desa Tapong mengucapkan banyak terimakasih kepada Kapolda Sulsel dan Biro SDM Polda Sulsel atas kunjungan dan bantuannya kepada kami. Kami berharap di kampung kami ini ada yang bisa menjadi anggota Polri dan kalau bisa ditugaskan kembali ke sini," ucao Kades Tapong brharap.

Usai melaksanakan sosialisasi, rombongan Biro SDM Polda Sulsel pu bertolak ke Makassar.(*).

Penulis/Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :