Kalau Timnas U-23 Israel Dicoret, Penggantinya di Olimpiade Paris, Georgia U-23 atau Indonesia U-23?




Presiden FIFA, Gianni Infantino. (Foto: Screenshot Nuansabaru.id/ABDUL).

Nuansabaru.id, JAKARTA - Timnas Israel U-23 dirundung masalah. Meski ia lolos ke Olimpiade Paris 2024, namun Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA (Federation Internationale de Football Association) akan menggelar rapat darurat.

Rapat darurat tersebut terkait dengan proposal yang diajukan Federasi Sepak Bola Palestina, (PFA) ke FIFA. Dikutip dari bola.okezone.com, edisi 18 Mei 2024, menyatakan, Federsi Sepakbola Israel (IFA) di ambang dicoret dari keanggotaan FIFA. 

Nasib Israel berada di ujung tanduk setelah Federasi Sepakbola Palestina (PFA) mengajukan proposal kepada Federasi Sepakbola Dunia (FIFA).

Dalam kongres tahunan FIFA yang diadakan di Bangkok kemarin, Presiden PFA Jibril Rajoub meminta FIFA untuk mengekuarkan Israel dari keanggotaan mereka.

Penyebabnya karena aksi keji milter Israel yang telah membunuh ribuan warga sipil Palestina. Selain itu, militer Israel juga telah mengebiri hak warga Palestina bermain sepakbola.

Tak sampai di situ, sejumlah fasilitas sepakbola di Palestina rusak parah, termasuk di wilayah Gaza. Karena itu, Presiden FIFA Gianni Infantino sudah meminta pandangan kepada 211 negara anggota FIFA perihal wacana pendepakan Israel dari keanggotaan mereka.

Dari 211 negara itu, 37 negars mengutuk aksi keji militer Israel. Lantas, apakah FIFA bakal menjatuhkan hukuman dalam waktu dekat?

FIFA akan menggelar rapat darurat, diprediksi pada 20 Juli 2024. Pada tanggal tersebut akan diputuskan apakah Israel bakal didepak dari keanggotaan FIFA atau tidak.


Timnas Indonesia U-23. (Foto: Fok. PSSI). 

Kalau Israel Dicoret Siapa Calon Penggantinya?

Pertama, Timnas Georgia U-23. Seperti diketahui, Israel U-23 lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah melaju ke semifinal Piala Eropa U-21 2023. Di babak semifinal, Israel U-23 tumbang 0-3 dari Timnas Inggris U-23 yang kemudian keluar sebagai juara.

Kemudian, wakil Eropa di Olimpiade Paris 2024 adalah Ukraina, Spanyol dan Israel. Karena itu, jika FIFA memutuskan mengambil pengganti Israel dari UEFA, pilihannya adalah Georgia U-23, tim yang dikalahkan Israel U-23 di Perempatfinal Piala Eropa U-21 2023.

Bagaimana dengan Inggris U-23? 
(sebagai juara Piala Eropa U-21 2023)

Inggris U-23 tidak tampil di Olimpiade Paris 2024 karena tidak mengirimkan atletnya secara mandiri di event olahraga empat tahunan tersebut. Inggris tidak tampil karena para atlet mereka bergabung dengan Skotlandia dan Irlandia Utara di bawah payung Britania Raya.

Karena itu, jika FIFA memutuskan mengambil pengganti Israel dari UEFA, pilihannya adalah Georgia U-23, tim yang dikalahkan Israel U-23 di Perempatfinal Piala Eropa U-21 2023.

Kedua, Timnas Indonesia U-23. Skuad Garuda Muda bisa ditunjuk karena sempat memperebutkan satu slot terakhir di Olimpiade Paris 2024, tepatnya menghadapi Guinea U-23 di babak playoff pada Kamis, 9 Mei 2024.

Alasannya, berhubung kalah 0-1 dari Guinea U-23, Timnas Indonesia U-23 gagal lolos ke putaran final Olimpiade Paris 2024. Namun, bukan tak mungkin, Timnas Indonesia U-23 nantinya ditunjuk menggantikan slot Israel, jika benar dicoret FIFA dari keanggotaan mereka dan Olimpiade Paris 2024.

Referensi: bola.okezone.com
Penulis/Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :