Bakal Cabup-Cawabup Sidrap 2024 Mengerucut, Panas Dingin Persaingan Terus Merebak


Pasangan Bakal Cabup-Cawabup H. Syaharuddin Alrif-Nurkanaah dan potensi pasangan H. Mashur-Andi Walahuddin.  )Kolase foto: Nuansabaru.id/ABDUL) 

Nuansabaru.id, SIDRAP - Perjalanan proses menuju suksesi kepemimpinan di Kabupaten Sidenreng Rappang memasuki babak baru. 'Perang statemen' bermakna orasi politik yang sebelumnya ramai terasa mulai mengendor.

Menyusul mulai mengerucutnya nama bakal calon bupati-wakil bupati yang siap maju berkontestasi dalam Pilkada Sidrap 2024. Panas dingin persaingan itu kemudian berimbas adanya kecenderungan, bakal calon mulai mengerucut.

Informasi terakhir yang sampai ke masyarakat pemegang hak pilih, saat ini menguat 3 nama yang yang diprediksi bakal maju. Ketiga nama tersebut masing-masing H. Syaharuddin Alrif, Muhammad Yusuf DM dan H. Mashur Mohd Alias.

Bakal Cabup Syaharuddin Alrif dengan akronim SAR tercatat selalu lebih awal menunjukkan progres. Misalnya pemasangan baliho dan spanduk, pendaftaran ke partai-partai hingga pemilihan bakal cawabup selalu lebih awal start.

Ibarat pelari, 'keberanian' SAR untuk selalu unjuk gigi menunjukkan keseriusannya hingga lebih awal beraksi, cukup beralasan. Pengusungnya Partai NasDem merupakan pemenang Pemilu 2024 di Sidrap dengan meraih 12 kursi di DPRD Sidrap 2024-2029.

Hal ini berarti, SAR tak pusing mencari kendaraan politik karena langsung memenuhi bahkan melebihi syarat minimal 7 kursi untuk pencalonan. Meski demikian SAR tidak stagnan. Terbukti, SAR paling awal lagi mendaftrakan diri di sejumlah partai.

Tepatnya, SAR lebih awal telah mendaftarkan diri di Sekretatiat Partai Demokrat dan PAN Sidrap. Tak hanya itu, kubu Syaharuddin Alrif juga lebih awal memilih pasangan bakal cawabup Nurkanaah, Kadis Perindagkop Kabupaten Sidrap. 

Bagaimana dengan bakal Cabup Muhammad Yusuf DM? memang terlihat tak segencar aksi-aksi yang dilakukan kubu SAR. Namun bakal cabup dengan sebutan Dony itu, aksinya juga cukup nyata yang mengindikasikan keseriusannya untuk maju.


Bakal Cabup pelanjut incumbent, Muhammad Yusuf DM, partai pendukungnya nyaris clear dan cawabupnya diambang pintu. (Foto: Dok. Istimewa).

Pelanjut Incumbent Dinilai 
Miliki Basis Pendukung 

Bakal cabup Dony yang diketahui sebagai pelanjut incumbent H. Dollah Mando ini, jauh hari juga telah memasang baliho da spanduk di berbagai lokasi straregis. Bahkan Dony juga telah mendaftarkan di sejumah partai politik.

Bakal Cabup Yusuf, nama singkatnya, yang diketahui merupakan putra Bupati Sidrap periode 2019-2024, H. Dollah Mando, yang kini merupakan Penjabat Sekda Sidrap. Praktis, statusnya disebut sebagai pelanjut incumbent.

Bakal cabup yang satu ini relatif juga tak begitu kesulitan mencari partai pendukung, Karena Ketua DPD Partai Gerindra Sidrap H. Dollah Mando, ayahnya.

Partai Gerindra tercatat mendulang 5 kursi DPRD Sidrap dalam Pileg 2024, yang berarti Dony telah 'mengantongi' 5 kursi. Artinya, Dony sisa mencari 1 atau 2 partai pendukung guna memenuhi kuota 7 kursi untuk menjadi calon resmi.

Apalagi ada pihak yang menilai, bakal cabup Muh Yusuf DM ini sudah punya basis pendukung di akar rumput yang secara tidak langsung tumbuh dam mengakar saat ayahnya menjadi pemimpin Sidrap. Oleh karena itu suksesi kepemipinan di daerah berjuluk 'Bumi Nene Mallomo' ini diprediksi tetap bakal terjadi persaingan seru dalam perebutan suara pemilih.

Bakal Cabup Muhammad Yusuf DM yang coba dihubungi, Minggu, (9/6-2024) tak sempat merespon. Namun, Ketua Bappilu DPD Partai Gerindra Sidrap, Dr Syamsul Bahri yang dihubungi berikutnya memberikan keterangan.

Syamsul Bahri yang juga jubir Tim Pemenangan Muhammad Yusuf DM mengungkapkan, Pak Yusuf nantinya akan diusung Partai Gerindra, lalu diharapkan juga Partai Perindo dan partai lainnya.

Ditanya tentang kepastian bakal cawabup yang akan mendampingi Dony, Syamsul, mantan Ketua IPMI Sidrap di Makassar itu optimis akan ditemukan pendamping yang pas.

Menurut Syamsul, sapaannya, telah tercatat 6 (enam) nama bakal cawabup yang akan dilihat hasil surveinya. Keenam nama yang dimaksudkan, Ahmad Salihin, H. Bahar Yahya, Habibi, Brigjen Purn. Andi Sutomo, H. Pathuddin dan Ramli Manong.

"Pasca lebaran Idul Adha ini, diagendakan melihat hasil survei keenam kandidat cawabup tersebut untuk menentukan pilihan, insya Allah," ujar Syamsul per telpon selulernya, Sabtu, (15/6-2024).

Artinya, selangkah lagi, partai pengusung Dony bakal clear dan juga dalam waktu dekat berpotensi memilih bakal cawabup yang jelas.

Paket H. Mashur-Andi Walahuddin 
masih Dalam Proses

Sementara itu, bakal Cabup H. Mashur Mohd Alias, juga tak kalah gregetnya untuk bersosialisasi ke masyarakat selama ini. Putra Sidrap yang dikenal sebagai pengusaha sukses di Jakarta itu berkali-kali menggelorakan kiatnya siap mewakafkan diri untuk memajukan Sidrap kalau terpilih.

Belakangan muncul sensasi informasi yang menjadi atensi masyarakat. Mençuat informasi bahwa H. Mashur bakal berpaket dengan Andi Walahuddin, mantan birokrat Sidrap yang juga dinilai punya basis pendukung di Sidrap. Benarkah informasi itu?

Salah satu sumber H. Purmady Muin, Ketua PWI Sidrap. Purmady mengungkapkan, ia menangkap informasi bahwa Andi Walahuddin siap menjadi Cawabup mendampingi H. Mashur dan sudah hampir fix.

"Saya menangkap informasi, Andi Walahuddin siap jadi cawabup berpaket dengan H. Mashur dan sudah hampir fix. Mereka dijembatani oleh mantan tim sukses Andi Walahuddin, " kata Purmady di Kedai Ruby Pangkajene Sidrap, Minggu, (9/6-2024) lalu, tanpa menyebutkan dari mana informasi itu direkam.

Kordinator Tim Hijrah (Tim Pemenangan H. Mashur) Dr Baharuddin Andang, yang dikonfirmasi tentang kebenaran informasi itu, memberi kejelasan. Ia mengakui memang ada komunikasi dengan Andi Walahuddin, namun masih dalam proses (belum final).

"Iye, masih dlm proses, karena sementara jg dlm proses loby2 untuk mendapatkan kendaraan politik.Iye, perkembangan terakhir ada lagi info dari beliau tadi malam bahwa akan mengikuti koalisi nasional partai2 pengusung capres. Karena dia tdk akan maju bila tdk head to head dgn SAR, " jelas Baharuddin Andang lewat pesan WhatsApp-nya.

Sementara itu, Ir Syukur Rabaiseng, Sekretaris DPC PAN Sidrap yang juga dimintai keterangan perihal kejelasan bakal calon yang didukung PAN, menyebutkan ada 4 nama yakni, H. Mahmud Yusuf, H. Syaharuddin Alrif, Muhammad Yusuf DM dan H. Mashur.

Syukur Rabaiseng, caleg terpilih PAN DPRD Sidrap 2024-2029 ini mengakui telah lama, sekitar 2 bulan lalu, menyampaikan ke DPW PAN Sulsel dan DPP PAN.

Informasi tentang kemungkinan PAN akan ikut mendukung Syaharuddin Alrif, ia tak menampiknya.

"Mungkin saja PAN memilih SAR, namun yang menetapkan nantinya DPP PAN, jadi kita tunggu saja, " ujarnya per telpon, Sabtu, (16/6-2024).

Informasi lain menyebutkan, sebetulnya H. Mahmud Yusuf, mantan Wakil Bupati Sidrap sebagai Ketua DPD PKS Sidrap juga berpeluang untuk maju sebagai cabup. Namun, belum diperoleh kejelasan tentang kepastian partai pengusung maupun kemungkinan bakal cawabup yang akan mendampinginya. 

Karena di PKS Mahmud Yusuf dikabarkan bersaing dengan H. Baharuddin Yahya dan H. Mashur untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP PKS.

Yang pasti berdasarkan hasil pileg 2024 tersedia 35 kursi DPRD Sidrap 2024-2029. Dengan demikian hitung-hitungannya berpotensi hanya bisa maju 3 pasangan dan maksimal hanya 4 pasangan Cabup-Cawabup Sidrap dalam Pilkada Sidrap periode 2024-2029 mendatang. (*).

Penulis/Editor: ABDUL

Topik Terkait

Baca Juga :