Dua Tahun Pimpin Polres Sidrap, Erwin Syah Ukir Perubahan dan Peningkatan Signifikan


Satu momen Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah bersinergi dengan Forkopimda dan TNI, dalam Jumat Curhat di Duapitue, wilayah Timur Sidrap.(Foto: Dok. Nuansabaru.id). 

Nuansabaru.id, SIDRAP - Seorang pejabat publik, mengemban tugas dan tanggungjawab untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Demikian halnya jabatan kapolres merupakan satu jabatan strategis yang banyak bersentuhan dengan masyarakat yang tentu mengemban amanah dan tanggungjawab.  

Adalah Kepala Kepolisian Resor Sidenreng Rappang (Kapolres Sidrap) AKBP Erwin Syah, satu dari sekian kapolres yang ditugaskan sebagai kapolres jajaran Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel).

Kapolres Sidrap yang benama lengkap AKBP Erwin Syah, S.I.K., M.H, yang ditemui di kediamannya, Minggu, (9/6-2024), sekira pukul 12.15 Wita, siap meluangkan waktu untuk berbincang-bincang sejenak.

Meski sebenarnya, sore itu ia harus berkemas untuk berangkat ke Makassar untuk mengikuti agenda pertemuaan penting besoknya di Hotel Harver Jln Perintis Kemerdekaan, Makassar, Senin, (10/6-2024).

Perwira menengah kepolisian tersebut mengungkapkan, bahwa ia diamanahkan oleh pimpinannya mengemban jabatan sebagai Kapolres Sidrap sejak bulan Juni 2022. Ini berati, ia telah memimpin Polres Sidrap lebih-kurang 2 tahun.

Ditanya sekilas tentang konsep atau program yang dijalankan selama ini, mengatakan di institusi Polri itu memilki program terpusat oleh pimpinan Polri (Kapolri). Diktakannya, Kapolres hanya menjabarkan program Kapolri di wilayah hukum Polres yang dipimpinnya.

Kapolres Sidrap menyebutkan Pak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo itu punya konsep elegan, "Polri Presesi". Semboyan Presisi itu akronim dari prediktif, responsibility dan tansparan berkeadilan.

Menurutnya, konsep atau program inilah yang dijabarkan sekaligus menjadi acuan dalam semua aspek kegiatan kita di kepolisian. Demikian juga sebagai Polres jajaràn, senantiasa bergiat berdasarkan kebijakan dan program prioritas yang diamanahkan Kapolda Sulsel.

Ditanya tentang kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, kapolres mantan Kabag Rigident Dirlantas Polda Sulsel itu secara garis besar menggambarkannya. Menurutnya, selama ini pihaknya telah konsen membenahi dan membangun sarana dan prasarana pendukung dii Mapolres Sidrap hingga ke Mapolsek jajaran.

Diantaranya, Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), klinik, satuan-satuan, masjid dan seluruh satuan unit kerja Polres Sidrap. Termasuk, keberadaan polsek dan polsubsektor (sebagai ujung tombak) kepolisian hinggga ke pelodok.


Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah didampingi Ny Siska Erwin Syah berikan paket kepada petugas Posko Operasi,beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Nuansabaru.id).

Dahulukan Pencegahan, Tindakan
Humanis dan Mengedukasi Masyarakat

Untuk diketahui Polres Sidrap mewilayahi 11 kecamatan. Sebelum kehadiran Erwin Syah di Sidrap baru 9 polsek yang ada. Untuk mendukung pelayanan maksimal, 2 kecamatan yang belum memiliki polsek diupayakan didirikan sub sektor sehingga sekarang sudah lengkap.

"Sekarang pelayanan kepolisian di seluruh wilayah hukum Polres Sidrap sudah lengkap. Terdiri dari 9 polsek dan 2 polsubsektor, " jelasnya.

Nah, bagaimana dengan pelaksanaan tugas pokok Polri untuk memelihara kamtibmas dan kamseltibcarlantas serta penegakan hukum di daerah ini?

Kapolres yang telah mengenyam pangalaman tugas di Irian Jaya dan daratan Jawa ini, dia bersama jajarannya telah berupaya maksimal untuk untuk mewujudkan situasi kamtibmas dan kamseltihcarlantas yang aman dan kondusif.

Khusus mengenai penegakan hukum, kapolres ini memberikan statement bijak. Bahwa pihaknya mendahulukan upaya pencegahan (preventif), tindakan humanis dan memberikan edukasi kepada masyarakat. Sedangkan penegakan hukum itu langkah terakhir.

"Yaaa..kita dahulukan upaya pencegahan, tindakan humanis dan mengedukasi masyarakat. Penegakan hukum itu pilihan terakhir, " tegasnya.

Tentang bagaimana menjabarkan harapan Kapolri agar jajarannya berupaya melakukan pendekatan sosial agar polisi dicintai masyarakat, Kapolres Sidrap mengungkapkan bahwa pihaknya senantiasa melakukan kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat hingga ke pelosok.

Dicontohkannya, untuk menjabarkan program unggulan Kapolri, pihaknya aktif melaksanakan agenda rutin berupapa Jumat Curhat dan Safari Jumat setiap pekan di berbagai lokasi di Sidrap. Dalam kegiatan Jumat Curhat masyarakat dapat menyampaikan keluhan dan aspirasinya untuk ditindaklanjuti.

Sebagai bagian dari pendekatan sosial dan wujud kepedulian kepada sesama, pada momen lain  Kapolres Sidrap didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Sidrap Ny Siska Erwin Syah juga dikenal sebagai sosok pimpinan yang suka berbagi.

Diantaranya, memberikan bantuan kepada keluarga kurang mampu yang membutuhkan, kepada jajarannya yang berkinerja baik dan pihak lainnya. Termasuk peduli memberikan bantuan kepada petugas operasi di lapangan. 

Kapolres mengakui sebagai bagian dari upaya pembinaan dan interaksi aktif Polri dengan masyarakat, pihaknya juga aktif mendukung penuh hampir semua kegiatan-kegiatan olahraga masyarakat. Misalnya, kegiatan sepak bola, bola voli, tenis lapangan, mini soccer, automotif dan yang lainnya.

"Nyaris semua cabang olahraga di Sidrap itu ada Kapolres Cupnya," tandasnya.

Sementara itu, seperti diketahui, Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah bersinergi dengan TNI dan unsur lainnya telah sukses mengawal pelaksanaan Pemilu Pilpres dan Pemilu Legeslatif 2024 dengan lancar, aman dan sukses di Sidrap.

Sejatinya, berbagai keberhasilan dan prestasi yang diukir kapolres ini selama 2 tahun memimpin Polres Sidrap. Untuk mengetahui secara riil capaian itu, Kapolres Sidrap membuka diri (transparan) dan merestui untuk merangkum data lengkap melalui stafnya di Mapolres Sidrap pada kesempatan lain.

Oleh karena itu, derap langkah dan capaian-prestasi riil Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah selama 2 tahun menakhodai Polres Sidrap akan diuraikan lebih lanjut setelah menghimpun data dari stafnya di Mapolres Sidrap.

Yang jelas sebagai Kapolres Sidrap, sosok Erwin Syah yang merupakan putra daerah ini mengakui sejak awal tugasnya telah berkomitmen untuk memberikan yang terbaik untuk daerahnya. (*)

Penulis/Editor: ABDUL

Informasi: Berita ini juga tayang di Indonesiantimes.com, media grup network Nuansabaru.id.


Topik Terkait

Baca Juga :