Empat Pasangan Cabup-Cawabup Sidrap Mencuat, Figur Cabup Dukungan Golkar Tunggu Putusan DPP



Dari atas ke bawah: (bukan ututan survei), pasangan bakal Cabup H. Syaharuddin Alrif-Nurkanaah, H. Mashur Mohd Alias-Andi Walahuddin dan H. Mahmud Yusuf-Syahrul Syamsuddin. Kanan: Muhammad Yusuf DM, pasangan dalam proses. (Kolase foto: Nuansabaru.id/ABDUL). 

Nuansabaru.id, SIDRAP - Pasangan bakal Cabup-Cawabup Sidrap menuju Pilkada 2024, kini terdeteksi mulai mengerucut. Namun, kemungkinan manuver dan perubahan arah politik tetap berpotensi terjadi.

Sebagaimana telah dilansir media ini sebelumnya, ada 4 (empat) pasangan bakal cabup-cawabup Sidrap yang mencuat. Jelasnya, pasangan H. Syahruddin Alrif-Nurkanaah, H. Mashur Mohd Alias-Andi Walahuddin dan H. Mahmud Yusuf-Syahrul Syamsuddin.

Satu lagi, khusus bakal cabup Muhammad Yusuf DM dengan sebutan Dony, bakal calon wakilnya diketahui masih berproses. Jubir Tim Pemenangan Dony, Dr Syamsul Bahri yang dihubungi menyebutkan, ada 6 bakal cawabup yang akan disaring dengan memperhatikan hasil surveinya.

Keenam bakal cawabup yang dimaksudkan, Ahmad Salihin, H. Bahar Yahya, Habibi, Brigjen Purn. Andi Sutomo, H. Pathuddin dan Ramli Manong.

"Pasca lebaran Idul Adha ini, diagendakan melihat hasil survei keenam kandidat cawabup tersebut untuk menentukan pilihan, insya Allah," ujar Syamsul Bahri, Sabtu, pekan lalu, (15/6-2024).

Menyikapi Pilkada Sidrap 2024, Partai Golkar Sidrap ternyata punya strategi tersendiri. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Sidrap tidak membuka penjaringan bakal Calon Bupati-Calon Wakil Bupati Sidrap.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPD Golkar Sidrap, H, Zulkifli Zain, S.H, yang dihubungi per telpon saat sedang berada di Jakarta, Jumat, (21/6-2024) malam WIB.


H. Zulkifli Zain, Ketua DPD Golkar Sidrap & anggota DPRD Sulsel. (Foto: Dok. DPRD Sulsel). 

Kemana Suara Dukungan 
Golkar Diarahkan?
Zulkifli Zain yang juga anggota DPRD Provinsi Sulsel periode 2019-2024 mengatakan, dia memang mendapat tugas dari DPP untuk memimpin DPD Golkar Sidrap. Namun, Golkar kali ini tak membuka penjaringan calon sehingga tak mengusulkan nama.

"DPD Golkar Sidrap tidak mengusulkan nama calon bupati-wakil bupati ke DPP. Karena kita memang tidak membuka penjaringan calon, " kata H. Pilli, sebutan akrab politisi berlatarbelakang pengusaha itu.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil pemilu legeslatif (pileg) 2024 lalu Partai Golkar meraih 4 kursi di DPRD Sidrap untuk periode 2024-2029. Potensi suara tersebut menjadi tanda tànya khalayak, entah ke pasangan cabup-wabup siapa kelak akan diarahkan dukungannya.

Dèngan tidak membukanya penjaringan calon oleh DPD Golkar Sidrap, maka kemungkinan bakal calon yang diusung belum ada bayangan. Praktis, pihak pasangan bakal cabup-wabup harus berkomunikasi sepenuhnya dengan DPP Partai Golkar untuk mendapatkan dukungan.

Zulkifli Zain, yang juga mantan Ketua DPRD Sidrap itu ketika coba ditanya apakah ada bayangan kemungkinan calon yang akan didukung Partai Golkar Sidrap, ia mengatakan itu diserahkan ke DPP Golkar yang menentukan.

"Pasangan calon bupati-wakil bupati yang akan didukung Partai Golkar Sidrap itu diputuskan DPP Partai Golkar, " ujar Zulkifli Zain, caleg yang terpilih kembali sebagai anggota DPRD Sulsel 2024-2029 dengan raihan suara signifikan. (*).

Penulis/Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :