Penjabat Bupati Sidrap dengan Pihàk Terkait Teken MoU Implementasi Program MBKM


Suasana foto bersama para pihak dalam penadatanganan MoU Implementasi Program MBKM di Aula LLDIKTI Wilayah IX, Makassar, Senin, 3 Juni 2024).(Foto: HASAN)

Implementasi Program MBKM Tingkatkan Kompetensi Lulusan Perguruan Tinggi

Nuansabaru.id, MAKASSAR - Penjabat (Pj) Bupati Sidrap, H. Basra menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri di wilayah Sulawesi Selatan, Su.awesi Barat, dan Sulawesi Tenggara. 

Penandatanganan kerjasama sejumlah pihak terkait ini berlangsung di Aula Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX, Makassar, Senin, (3/6/2024).

Pensndatangan kerjasama ini dihadiri Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Andi Lukman, Ketua Tim MBKM LLDIKTI Wilayah IX, Dr. Mulyadi Hamid, Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Bupati Jeneponto, serta berbagai pihak lainnya.

Seperti diketahui, Merdeka Belajar Kampus Merdeka adalah inovasi yang dibuat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tehnologi (Kemendikbudristek) untuk mentransformasi sistem pendidikan tinggi di Indonesia.

Disebutkan, program MBKM akan lebih mendekatkan mahasiswa ke kehidupan nyata dengan berbagai program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.


Peserta Sosialisasi Kemitraan Perguruan Tinggi sebagai rangkaian penandatanganan Implementasi MBKM. (Foto: HASAN)

Perguruan Tinggi yang tak Implementasikan Program MBKM 
akan Ditinggal Masyarakat

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX, Drs. Andi Lukman, mengatakan, program MBKM adalah kebutuhan bagi perguruan tinggi untuk menjaga relevansinya dengan masyarakat.

"Saat ini, perguruan tinggi yang tidak mengimplementasikan MKBM maka nantinya akan ditinggal oleh masyarakat karena tidak menyesuaikan dengan kebutuhan luar," lontarnya.

Sementara Pj Bupati Sidrap, H Basra, menyambut baik implementasi program MBKM ini. Menurutnya, lewat program tersebut, kompetensi lulusan perguruan tinggi bisa meningkat.

"Mereka dipersiapkan untuk dunia kerja sejak awal, sehingga ilmunya relevan dengan kebutuhan zaman," cetus Basra.

Acara yang dirangkaikan dengan Sosialisasi Kemitraan Perguruan Tinggi ini dihadiri pula oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap, Faisal Sehuddin, Kadis Perhubungan Sidrap, Andi Bahari Parawansa, dan Kabag Kerja Sama Setda Sidrap, Andi Besse. Demikian dihimpun kontributor Nuansabaru.id. (*)

Pewarta: ABDUL HASAN
Editor : NURYADIN SUKRI


Topik Terkait

Baca Juga :