Peringkat Naik, Timnas Indonesia Diharap Termotivasi Menuju Putaran Ketiga


Skuad Timnas Indonesia Kualifikasi Piala Dunia 2026.(Foto: Dok. PSSI).

Nuansabaru.id, JAKARTA - Pekan ketiga Juni 2024, peringkat FIFA Timnas Indonesia naik lagi. Diharapkan peningkatan itu menjadi motivasi untuk meningkatkan kepercayaan diri untuk tampil dengan performa terbaik di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sebagaimana dilansir Okezone.com, 20 Juni 2024, bahwa berdasarkan perhitungan dari laman football-ranking.com, sejatinya sudah diketahui bagaimana bocoran penampakan ranking FIFA Juni 2024. Timnas Indonesia akan naik satu posisi di ranking FIFA Juni 2024, tepatnya dari peringkat 134 ke peringkat 133 dunia.

Di FIFA Matchday Juni 2024, Timnas Indonesia mendapatkan tambahan sekira enam poin di ranking FIFA. Hasil kemenangan 2-0 atas Filipina serta tumbang 0-2 dari Irak di dua laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kenaikan posisi Timnas Indonesia juga dibantu hasil buruk Kepulauan Solomon yang sebelum FIFA Matchday Juni 2024 dimulai menempati peringkat 132 dunia.

Wakil Oseania ini harus rela turun enam posisi dari peringkat 132 ke 138 dunia karena kalah di dua laga OFC Nations Cup 2024, yakni tumbang 0-1 dari Vanuatu dan dihancurkan Selandia Baru 0-3.

Harapannya, perbaikan posisi yang dialami Timnas Indonesia memberikan motivasi tambahan kepada skuad asuhan Shin Tae-yong (STy) untuk menatap optimistis laga-laga ke depan.

Terdekat, Timnas Indonesia akan menjalani babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang dimulai September 2024.

Seperti diketahui, kepastian Indonesia lolos ke round 3 setelah menang 2-0 atas Filipina pada laga terkhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (11/6-2026) lalu. Dengan demikian Tim asuhan pelatih asal Korea Selatan itu finis di posisi ke-2 klasemen akhir Grup F dengan raihan 10 poin.

Di putaran ketiga Asnawi Mangkualam dkk kini harus menanti hasil drawing babak ketiga kualifikasi. Dijadwalkan, drawing akan berlangsung di Markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, 27 Juni 2024.

Indonesia Bakal Menantang
Tim Kuat dan Unggulan

Sumber dari unggahan akun Footy Rankings, sebagai tim debutan di putaran ketiga ini, Timnas Indonesia berada di Pot 6 bersama dengan Korea Utara dan Kuwait.

Atas dasar itu, Indonesia dipastikan bakal bersua dengan tim-tim kuat dan unggulan dari pot lain. Sebut saja di Pot 1 misalnya, ada tim unggulan Jepang, Iran, dan Korea Selatan.

Indonesia nantinya akan melawan salah satu dari 3 tim elit Asia itu. Di Pot 2 juga cukup menantang, ada tim-tim kuat lainnya yakni Australia, Qatar, dan Irak.

Sedangkan di Pot 3 juga tetap menjadi PR bagi Tom Haye cs untuk mempersiapkan diri dengan matang, Di Pot 3 ada Arab Saudi, Uzbekistan, dan Yordania yang peringkatnya semua di atas Indonesia.

Bagaimana di Pot 4 dan Pot 5? Deretan calon lawan di kedua pot itu, diprediksi Indonesia bisa mengimbangi sebagai imbas dari rekrutmen pemain naturalisasi yang yang proaktif. 

Di Pot 4 ada Uni Emirat Aran, Oman dan Bahrain, kemudian di Pot 5 ada China, Palestina, dan Kirgistan. Dari keenam kemungkinan lawan itu rumus dasarnya, tetap harus diwaspadai dan tidak diremehkan.

Momen kebangkitan tim yang dipicu oleh proaktif dan komitmen Federasi Sepak Bola Indonesia PSSI bersama pelatih Shin Tae-yong merekrut pemain naturalisasi untuk dipadukan dengan pemain pribumi akan terbentuk tim yang lebih matang.

Sebelum turun berlaga di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, pelatih STy diharapkan bisa meramu Skuad Garuda hingga terjadi chemestry, kompak, pertahanan tangguh, dan mampu secarabefektif menciptaksn peluang yang beebuah gol.

Karena ekspektasi khalayak sepak bola Indonesia berharap Timnas Indonesia di era kebangkitan ini sebisa mungkin berbuat kejutan dan kejutan lagi untuk menorehkan target maksimal lolos pertama kalinya ke Putaran Final Piala Dunia 2026. (*).

Penulis: RENALDI OCHA
Editor: ABDUL

Informasi: Artikel ini juga tayang dengan judul berbeda di Indonesiantimes.com, media grup network Nuansabaru.id.   



Topik Terkait

Baca Juga :