Tak Maju sebagai Cabup Sidrap, Politisi Zulkifli Zain Pilih Kawal Aspirasi Masyarakat yang Diwakilinya


Caleg terpilih anggota DPRD Sulsel kedua kalinya, H. Zulkifli Zain memilih konsisten kawal aspirasi masyarakat yang diwakilinya ketimbang jadi Cabup Sidrap 2024. (Foto: Dok. DPRD Sulsel).  

Nuansabaru.id, MAKASSAR - Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, H. Zulkifli Zain, S.H, punya kiat bijak. Putra daerah Sidrap yang sebelumnya digadang-gadang sebagai bakal Calon Bupati Sidrap potensial dalam Pilkada 2024 mendatang, justru punya prinsip tersendiri sebagai politisi.

Dihubungi lewat telpon untuk berbincang-bincang sesaat, mantan Ketua DPRD Sidrap ini menyatakan siap. Meski saat itu ia berada di Jakarta untuk satu agenda kegiatan dan jam sudah menunjukkan pukul 21.00 Wita, Jumat malam, (21/6-2024).

Diperjelas apakah memang tidak siap untuk maju sebagai Cabup Sidrap 2024 ini, Zulkifli Zain menampiknya dengan suara datar dan pelan.

"Tidaklah......, saya konsisten ingin mengawal aspirasi konstituen (masyarakat yang diwakilinya) pada 3 kabupaten yang menjadi dapil saya, yakni Sidrap, Pinrang dan Enrekang, " ujarnya.

Sebelumnya, katanya, kita turun menyampaikan janji-janji politik, tentu mereka akan menagih janji-janji itu. (maksudnya pada saat sosialisasi dan kampanye Pemilu). Lalu mengabaikan mereka dan maju sebagai cabup, bagaimana?

"Kalau saya maju sebagai cabup Sidrap, masyarakat Sidrap mungkin bisa menerima, tapi di Pinrang dan Enrekang, apa kata mereka. Jadi saya pilih tidak maju sebagai Cabup Sidrap dan tetap menjadi legeslator mengawal aspirasi mereka, " kilahnya.

b
Ini, memory jargon yang diusung Zulkifli Zain ketika tampil berkontestasi dalam pemilu legeslatif (pileg). (Foto: Dok. Istimewa). 

Syukuri Terpilih Kembali Jadi 
Anggota DPRD Sulsel Kedua Kalinya

Zulkifli Zain, Ketua DPD Golkar Sidrap 2020-2025, mengakui jauh hari sebelum proses pencalonan berbagai pihak menghubungi dan mendorongnya untuk maju sebagai cabup Sidrap 2024 dan ia mresponnya dengan positif. Namun, politisi berlatarbelakang pengusaha itu merujuk pada pesan orangtua. Apa itu?

"Nanti dituding orang, saya ini 'mangoa(tamak -red)," lontarnya diselipi bahasa daerah Bugis berupa pesan orangtua agar tidak mangoa. Maknanya, mensyukuri nikmat Tuhan bisa terpilih menjadi anggota DPRD Sulsel kedua kalinya.

Untuk diketahui, H. Pilli, sebutan akrabnya, di kalangan masyarakat Sidrap dikenal sebagai tokoh muda yang low profile. Orangnya tenang, irit bicara, tapi gagasan dan sentuhan kemasyarakatannya baik. Tak ada kesan angkuh apalagi arogansi. 

Salah satu buktinya, di organisasi sosial kemasyarakatan ia dipercaya sebagai Ketua Umum Sahabat Petani Sidrap periode 2023-2026. Mengutip satu motto atau jargonnya yang bernada human interest ketika tampil berkontestasi dalam pileg seperti berikut ini.

"Tak ada yang lebih penting dari politik, kecuali untuk kemanusiaan, " tulis Zulkifli Zain dalam nuansa orasi politiknya yang divisualkan di kartu dan baliho saat soialisasi.  

Wajarlah kalau Zulkifli Zain yang tengah menuntaskan masa kerjanya sebagai anggota DPRD Sulsel periode 2019-2024, màju lagi sebagai caleg dalam Pemilu 2024 lalu dalam bingkai kesederhanaan. 

Ia tampil bersaing di Dapil IX Sulsel yang mewilayahi Kabupaten Sidrap, Pinrang dan Enrekang. Hasilnya, ia terpilih kembali untuk kedua kalinya sebagai anggota DPRD Sulsel 2024-2029 dengan perolehan suara signifikan.

Dinilai sangat wajar pula kalau pria kelahiran 17 Maret 1973 (51 tahun) itu, banyak yang mendorongnya maju sebagai Cabup Sidrap. Namun, ia lebih memilih konsisten mengawal aspirasi masyarakat yang diwakilinya sebagai anggota DPRD Sulsel terpilih.

Di bagian lain perbincangan singkat lewat telpon itu - dalam kapasitasnya sebagai Ketua DPD Golkar- dipertanyakan juga siapa cabup Sidrap yang diusulkan ke DPP Golkar untuk didukung.

"Tidak ada nama yang diusulkan karena DPD Golkar Sidrap tak membuka penjaringan. Calon yang didukung Golkar di Pilkada Sidrap 2024 nantinya ditentukan oleh DPP Golkar," jelasnya. (*).

Penulis/Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :