Kapolres Bone Pimpin Rakor Lintas Sektoral Pastikan Seluruh Elemen Bekerjasama Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada 2024

 


Kapolres Bone AKBP Erwin Syah pimpin Rakor Lintas Sektoral menuju Pilkada 2024. (Foto/grafis: Sihumas Polres Bone) 

Nuansabaru.id, BONE – Kapolres Bone AKBP Erwin Syah, S. I. K., M.H memimpin langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan menghadapi Pilkada Serentak tahun 2024 di wilayah Polres Bone. Rakor lintas sektoral ini dilaksanakan di Aula Sarja Arya Racana Mapolres Bone, Jum'at (26/07/2024).

Kegiatan ini hadiri oleh Bupati Bone yang diwakili KepalanKesbang, para unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bone, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Ketua DPRD Bone serta perwakilan dari TNI, Kejaksaan, dan instansi terkait lainnya. 

Seluruh instiusi dan unsur terkait menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dalam memastikan Pilkada serentak 2024 di wilayah Kabupaten Bone berjalan sukses.

Dalam sambutannya, Kapolres Bone AKBP Erwin Syah menekankan pentingnya sinergi dan koordinasi antar instansi guna memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah berjalan aman, tertib, dan lancar. 

“Kami harus memastikan bahwa seluruh elemen terkait, baik dari TNI, Polri, pemerintah daerah, dan elemen masyarakat lainnya dapat bekerja sama untuk menjaga kondusifitas wilayah selama proses pilkada,” ujar Kapolres Bone.

Rakor ini, lanjutnya, membahas berbagai aspek pengamanan, menyatukan pola sikap, pola tindak kepada petugas pengamanan serta kepada penyelenggara, sehingga nanti dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab fungsinya sesuai dengan mekanisme dan prosedur. 

"Kemudian juga yang terpenting adalah instansi terkait agar dapat bersama-sama menjalankan fungsi dan tanggungjawabnya masing masing sebagaimana yang ada di dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017, " jelasnya.

Selain itu, Kapolres Bone juga membahas tentang pentingnya menjaga netralitas aparat keamanan serta memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya.

“Polres Bone akan menyiapkan personel tambahan untuk memastikan keamanan di setiap TPS, serta melakukan patroli rutin untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas)," tuturnya. 

“Sinergi dan koordinasi lintas sektoral ini sangat penting untuk memastikan bahwa setiap tahapan Pilkada dapat berjalan dengan baik. Kami berharap, melalui rapat koordinasi ini, kita dapat menyusun langkah-langkah strategis yang efektif dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang bisa terjadi selama Pilkada,” harap Kapolres menambahkan.




Pendatanganan kesiapan bersama wujudkan Pilkada yang berjalan lancar, sukses, aman dan tertib.

Ketua KPU Bone Sampaikan Pilkada Butuhkan Pengamanan Lebih

Sementara, Bupati Bone yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol menyampaikan bahwa, acara ini merupakan awal dari proses tahapan Pilkada tahun 2024.

"Forum ini ke depan untuk membahas terkait masalah teknis dan pelaksanaan pilkada sehingga tidak ada lagi masalah-masalah yang di hadapi nantinya pada saat pelaksanaan tahapan hingga selesainya Pilkada," ucapnya. 

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Bone Yusran Tajuddin menyampaikan bahwa jajarannya telah melaksanakan coklit (pencocokan dan penilitian) pemilih pada Pilkada Tahun 2024 dan telah berlangsung (selesai) 100 persen. 

"Ada beberapa tanggapan masyarakat yang masuk terkait Coklit ini, namun masih dalam tahapan penilitian masukan tersebut, " jelas Yysran Tajuddin. 

Ketua KPU mengharapkan, seluruh pelaksanaan tahapan, dimulai sejak pendaftaran, penetapan calon, debat calon dan pelaksanaan kampanye nantinya membutuhkan pengamanan lebih. 

"Kami harapkan pemerintah daerah dan TNI-Polri memberikan dukungan penuh dalam mengawas pelaksanaan seluruh tahapan pemilu hingga pelantikan nantinya dapat berlangsung aman dan kondusif," pintanya. 

Serangkaian rakor tersebut juga dilaksanakan penandatanganan kesiapan seluruh elemen wujudkan tahapan proses, pelaksanaan dan pelantikan calon terpilih berjalan lancar, sukses serts aman dan tertib. (*).

Penulis/Editor: ABDUL



Topik Terkait

Baca Juga :