Prof Dr. H. Abdullah Sinring, M. Pd Dikukuhkan Menjadi Guru Besar UNM Bidang Ilmu Bimbingan dan Konseling

 Advertorial


Prof. Dr. Drs. H. Abdullah Sinring, M. Pd dikukuhkan menjadi guru besar UNM bidang ilmu Bimbingan dan Konseling, 25 Juli 2024.  

Prof. Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd:

Profesor bukan Pintu Akhir, namun Peluang Berkontribusi Lebih Nyata dan Lebih Luas untuk UNM  

Nuansabaru.id, MAKASSAR - Profesor Dr. Drs. H. Abdullah Sinring, M.Pd dikukuhkan menjadi profesor pada Sidang Terbuka Pengukuhan Profesor Universitas Negeri Makassar (UNM) yang dipimpin oleh Rektor UNM, Prof. Dr. H. Karta Jayadi, M.Sn.  

Prof. Dr. Abdullah Sinring, M.Pd dikukuhkan menjadi profesor dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling, yang mengampaikan orasi ilmiah bermudul, "EKSISTENSI DAN URGENSI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGUATAN PERENCANAAN KARIER GENERASI Z DI ERA DIGITAL".

Pengkuhan guru besar UNM tersebut diselenggarakan pada hari Kamis, 25 Juli 2024, pukul 09.00 Wita. Yang berlangsung di Ruang Teater Lantai e Menara Pinisi, Kampus UNM Gunung Sari Baru Makassar. Sehubungan dengan Pengukuhan Prof. Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd, dipaparkan berikut ini.

Bimbingan dan Konseling memiliki peran yang sangat penting dralam implementasi kurikulum da pendidikan dari masa ke masa, pada pengimplementasian Kurikulum Merdeka, Bimbingan dan Konseling berperan aktif dengan mengembangkan program yang dapat membantu peserta didik dalam berbagai aspek, termasuk aspek pribadi, sosial, belajar, dan karir.

Bimbingan dan Konseling diharapkan dapat mengembangkan layanan yang inovatif dan menyenangkan untuk mendukung penguatan karakter peserta didik sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka.

Prof. Dr. Drs. Abdullah Sinring, M.Pd merupakan guru besar dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling dengan unit kerja pada jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Program Studi Bimbingan dan Konseling UNM (Universitas Negeri Makassar).

Beliau lahir di Manisa Sidrap pada tanggal 3 Maret 1962.  Prof. Dr. Drs. Abdullah Sinring, M.Pd  merupakan anak dari pasangan almarhum Bapak Sinring dan almarhumah ibu ibuccu. Sejak kecil Prof, Dr. H. Abdullah Sinring memiliki tekad yang kuat terhadap dunia pendidikan agama serta harapan yang besar terhadap dunia pendidikan pada umumnya.


Pasangan Prof. Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd dan Ny. Hj. Nonce Abbas 

Sejak kecil beliau sudah menyukai belajar dan berbagi ilmu dengan orang lain. Keinginan untuk terus belajar dan berbagi pengetahuan semakin kuat ketika memasuki bangku sekolah. Saat menduduki bangku sekolah dasar, Prof. Dr. Drs. Abdullah Sinring, M.Pd juga mengikuti pendidikan madrasah ibtidaiyah di sore hingga malam hari dan di saat SMP juga mengikuti Madrasah Tsanawiah di sore hari.

Begitupun saat di jenjang SPG.  Setelah lulus SPG beliau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, mulai dari program diploma III di  IKIP Ujung Pandang pada tahun 1984, kemudian melanjutkan program sarjana di Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan IKIP Ujung Pandang dan selesai pada tahun 1987.

Pada tahun 1993 beliau menyelesaikan program Magister pada bidang Bimbingan dan Konseling  di IKIP Malang, hingga berhasil menyelesaikan pendidikan doktor pada tahun 2008 di Universitas Negeri Malang.

Prof. Dr. H. Abdullah sinring merupakan pasangan dari ibu Nonce Abbas dan telah dikaruniai 4 (empat) orang anak yakni:

(1). Dr. Muhaimin Abdullah, M.Pd. (kini sebagai dosen tetap di Universitas Negeri Surabaya).

(2). Dwi Yumna Abdullah, S.Pd., M.Pd., Gr. (saat ini mengabdi di fakultas ilmu pendidikan dan sedang merintis kuliah di jenjang S3)

(3). Nur Hudaya Abdullah, S.M. (saat ini sedang mengikuti program S2)

(4). Adlan Abdullah (sedang berada di tahap penyelesaian skripsi Fakultas Teknik Arsitek UMI Makassar).

Beliau juga telah dikaruniai seorang cucu dari pasangan Dr. Muhaimin dan Fadhillahyul Jannah, S.Kep., Ners., M.Kes, yang diberi nama Ahmad Fiqri Muhaimin. Pada tahun 1988 Prof Abdullah Sinring diterima sebagai dosen di Prodi (Program Studi) Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar yang merupakan Universitas terbesar di kawasan timur Indonesia.


Momen Prof Dr Abdullah Sinring, M.Pd, dan penguji lainnya menguji promosi gelar doktor di Unversitas Negeri Makassar.       
Dengan kegigihan dan keteguhan hati, perjuangan dalam menempuh pendidikan penuh kerja keras, pada tahun 1994 Prof Abdullah Sinring mendapatkan penghargaan dari Presiden RI dalam bentuk Satya Lencana Pengabdian dari Presden R.I. yakni pengabdian 10 tahun pada tahun 2000, pengabdian 20 tahun pada 2010, dan pengabdian 30 tahun pada tahun 2020.

Selama karir beliau telah banyak mengembang jabatan struktural antara lain, Ketua Unit Bimbingan dan Konseling IKIP Ujung Pandang pada tahun 1993 hingga 1998, Ketua PGSD UPP Parepare pada tahun 1999 hingga 2004. Pada tahun 2009 hingga 2014 beliau diamanahkan sebagai Ketua Program Studi S2 Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar.

Kemudian pada tahun 2014 hingga 2018 beliau menjadi Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Kemudian, pada tahun 2019 hingga 2023 beliau di amanahkan sebagai Kepala UPT Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar. 

Selain itu, beliau juga diberi amanah sebagai Ketua Asosiasi Bimbingan dan Konseling Sulawesi Selatan di tahun 2017 hingga sekarang. Di bidang organisasi sosial beliau tergabung dalam ICMI (Ikatan Cendekuawan Muslim Indinesia) Sulawesi Selatan dan organisasi keagamaan, aktif di lembaga dakwah IMMIM (Ikatan Masjid Mushalla Indonesia Muttahidah). Dengan tugas rutin menyampaikan khutbah setiap jumat dan ceramah ramadhan.

Beliau juga sejak lama telah membina masjid dan kegiatan keagamaan lainnya. Pada tahun 2017 mendapat kesempatan menjadi anggota Tim Dosen Pembimbing S3 (program doktor) untuk melakukan program Sandwich dan studi banding ke beberapa perguruan tinggi di Amerika Serikat (AS). Diantaranya, di Temple Universiry, Yale University dan Harvard University AS.


Prof. Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd (merangkul cucunya Ahmad Fikri Muhaimin), beserta Ny. Hj. Nonce Abbas dan semua anak dan menantunya.  

Prof. Dr. Drs. Abdullah Sinring, M.Pd terus berusaha untuk selalu meningkatkan kapasitas diri dan kontribusinya khususnya bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Beliau telah banyak terlibat dalam beberapa proyek penelitian yang dimuat dalam jurnal internasional bereputasi/Scopus.

Diantaranya, yaitu Examining the Effect of Work and Non-Work Domain on School Counselor Career Self-Regulation Moderated Career Self-Management pada tahun 2023.

Pada tahun yang sama, tahun 2023 menerbitkan jurnal dengan judul, "Career Commitment Based on Career Identity Diffusion among Students in Vocational Higher Education". Pada tahun 2022 beliau menerbitkan jurnal dengan judul, "Development of a Traditional Game-Based Giudance and Counseling Module to Promote Prosocial Behavior in Student".

Beliau juga terlibat aktif dalam melakukan penelitian,  seperti PKM Pelatihan Penerapan Konseling Naratif Bagi Guru BK di Kabupaten Maros pada tahun 2019. Beliau juga mengajar beberapa mata kuliah yang diantaranya yaitu: Psikologi Pendidikan Islam, Filsafat Ilmu, Psikologi Pendidikan, Teori Kepribadian, dan masih banyak lainnya.

Prof. Dr. Drs. Abdullah Sinring, M.Pd Aktif mengikuti berbagai organisasi profesi maupun ilmiah, seperti pada tahun 1990 hingga sekarang beliau merupakan bagian dari Asosiasi Bimbingan dan Konselig Indonesia dan Anggota ikatan Pendidik Konselor pada tahun 2004 hingga sekarang.

Beliau berharap dengan guru besar yang ia peroleh ini tidak menjadi pintu akhir dari perjalanan karirnya sebagai seorang akademisi. "Saya berharap dengan gelar guru besar ini terbuka kesempatan dan peluang untuk berkontribusi lebih nyata dan lebih luas kepada Universitas Negerri Makassar khususnya dan juga kepada masyarakat Indonesia pada umumnya," cetusnya. (Adv). (*).


Topik Terkait

Baca Juga :