Gregoria Indonesia Duel Ratchanok Thailand Perebutkan Tiket Semifinal Bulutangkis Tinggal Putri Olimpiade Paris 2024


Ratu Bulutangkis Thailand Ratchanok Intanonon duel Gregoria Mariska Tunjung perebutkan tiket semifinal Olimpiade Paris 2024. (Kolase foto: Nb/ABDUL).

Nuansabaru.id, PARIS - Pebulutangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung mencatatkan rekor karena untuk pertama kalinya sejak tahun 2008, tunggal putri Indonesia melangkah ke babak permpatfinal Olympiade.

Gregoria lolos ke perempatfinal Olympiade Paris 2024 setelah di babak 16 besar menang dramtis dalam 3 gim atas wakil Korea Selatan, Kim Ga Eun dengan skor 21-4, 8-21, 23-21 di Porte de la Chapelle Arena, Kamis, (1/8-2024).

Kendati demikian, Gregoria Mariska sebagai satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa, di pundaknya menanggung beban berat. Bukan hanya beban untuk mengalahkan lawan berikunya untuk tembus ke semfinal.

Tak kalah menantannya, Gregoria diharapkan menghapus mimpi buruk Indonesia sebagai negara bulutangkis di Olimpiade Tokyo 2013. Ketika itu Indonesia pulang dengan tangan hampa alias tak meraih sebiji pun medali.

Tantangan berikutnya, lawan berikutnya di perempatfinal Mariska harus berhadapan dengan pebulutangkis senior yang dijuluki Ratu Bulutangkis Thailand, Ratchanok Intanon, di Porte de la Chapelle Arena, Sabtu, (3/8-2024), pukul 13.30 WIB.

Rekam jejak kedua tunggal putri ini, Ratchanok . lebih unggul. Dalam 9 kali pertemuan, Ratchanok menang 8 kali dan Gregoria hanya sekali menang. Kemudian perkara jam terbang Ratchanok juga jauh lebih berpengalaman.

Meski demikian, masih ada catatan positif yang bisa menjadi pelecut semangat Gregoria Mariska Tunjung sehingga tetap berpeluang membungkan Ratchanok Intanon untuk lolos ke semifinal.

Diantaranya, usia Gregoria lebih muda, (24 tahun), performanya terus meningkat lebih aktif mengikuti turnamen. Ketika duel menjadi alot, stamina Gergoria dinilai bisa mengungguli Ratchanok.

Tercatat Ratchanok saat ini mulai ditelan usia (29 tahun) sehingga performanya berfluktuasi. Pebulutangkis yang pernah menjadi juara dunia termuda, usia14 tahun, saat ini tak tak seaktif dahulu lagi turun ke turnamen.

Imbasnya, justru Gerigoria Mariska sekarang berada di posisi peringkat 7 BWF, sedangkan Ratchanok justru melorot ke posisi 21 dunia.
Padahal pada tahunn2016 Rachtanok pernsh

Sekilas tentang posturnya, Gregoria Mariska Tunjung, juara Spain Madter 2023 itu lahir di Wonigiri, 11 Agustus 1999 dengan tinggi badan, 1,66 meter dan julukannya Jorgi. Sedangkan Ratchanok Intanon Juara Malaysia Opnen 2022 itu, lahir di negeri Gajah Putih Thailand 5 Februari 1995 dengan tinggi badan 1,68 meter dan julukannya May.

Nah, siapa yang bakal memenangkan pertandingan menentukan ini? Jorgi atau May?
Saksikan duelnya, Sabtu, 3 Agustus 2024 di arena Olimpiade Paris 2024 ini. (*)

Penulis: MUH. RENADI
EDITOR: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :