Ginting dan Jojo Lolos ke Perempatfinal, Buka Kans All Indonesian Final China Open 2024

 


Tunggal putra Indonesia Antony Sini Suka Ginting dan Jonatan Chtistie lolos ke perempatfinal China Open 2024 buka peluang All Indonesian Final. (Kolase foto: Dok. PBSI).

Nuansabaru.id, CHANGZHOU TIONGKOK - All Indonesian Final hampiri pebulutangkus tunggal putra Indonesia di China Open 2024. Indikasi yang menunjukkan terbukanya peluang Indonesia lawan Indonesia di final berkat kemenangan Antony Sini Suka Ginting dan juga Jonatan Cristie di babak 16 besar.

Duel yang berlangsung di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, Tiongkok, Kamis, (19/9-2024), Antony Sini Suka Ginting patahkan dominasi Shin Yu Qi.

Ginting berhasil menang 2 gim langsung melawan Shi Yu Qi, pebulutangkis andalan tuan rumah Tiongkok itu. Cukup mengejutkan juga, Ginting menang mudah dengan skor 21-11 dan 21-8.

Padahal rekor pertemuan kedua pebulutangkis dunia ini justru Shin Yu Qi mendominasi kemenangan. Dalam 11 kali pertemuan unggulan teratas turnamen Shin Yu Qi telah menang 9 kali dan Ginting hanya menang 2 kali.

Ginting lolos ke perempatfinal ternyata disusul Jonatan Christie yang juga menang atas pebulutangkis Prancis Toma Junior Popov. Bedanya, Jojo, sapaan Jonatan, justru menang alot dengan durasi waktu sejam lebih atau 72 menit.

Bahkan Jojo tumbang di gim pertama dengan skor 16-21. Namun di gim kedua, juara tunggal putra All England 2023, bangkit dan mengalahkan Popov dengan skor 21-18 sehingga duel berlanjut ke gim ketiga sebagai penentu.

Di gim ketiga perolehan poin berjalan ketat dan sempat terjadi set poin di akhir laga. Sampai akhirnya Jojo taklukkan Popov dengan skor 22-20. Dalam hal ini Jojo menang rubber game melawan Popov dengan skor, 16-21, 21-18 dan 22-20.

Kalau Ginting dan Jojo Menang 2 Laga Berikutnya, Keduanya Ketemu di Final

Hitung-hitung peluang bakal terjadinya all Indonesian final ketika di perempatfinal Ginting menang dan lolos ke semifinal. Kemudian di semifinal menang lagi hingga tembus ke final.

Demikian juga Jojo, kalau menang di perempatfinal berarti lolos ke semifinal. Kalau di semifinal menang lagi di semiginal maka Jojo melaju ke final. Artinya, kalau Ginting dan Jojo masing-masing menang 2 kali di laga berikutnya, maka keduanya akan ketemu di final.

Diketahui, di permpatfinal yang digelar Jumat, (20/9-2024), Ginting bakal bertarung dengan pemenang laga antara Kunlavut Vitidsarn (Thailand) melawan Brian Yang (Kanada).

Sementara Jojo di perempatfinal akan berduel dengan Lei Lan Xi. Sebelumnya Jojo di Hongkong Open 2024 kalah dari Lei Lan Xi.

Ekspektasi simpatisan bulutangkis Indonesia berharap Ginting melanjutkan performa terbaiknya dan menang di perempatfinal dan melangkah ke semifinal.

Demikian juga Jojo diharapkan mampu membalas kekalahannya di Honhkong Open 2024 dan membungkam Lei Lan Xi di perempatfinal hingga tembus ke semifinal.

"Semua bisa terjadi di lapangan. Bulutangkis sebagai olahraga pasti ada menang atau kalah," kata Ginting menatap duel selanjutnya. (*).

Pewarta : M. RINALDI
Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :