Upaya Ciptakan Pilkada Damai 2024, Pàngdam XIV/Hasanuddin Gelar Tudang Sipulung


Sesi foto bersama Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNi Bobby Rinal Makmun dengan berbagai komponen masyarakat yang menghadiri Gelar Tudang Sipulung. (Foto: Dok. Istimewa).

Pesan Pangdam: Jaga Kebersamaan, Sinergitas, Kolaborasi dan Pegang Teguh Budaya Sipakatau, Sipakalebbi dan Sipakainge

Nuansabaru.id, MAKASSAR – Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., menggelar Tudang Sipulung dengan komponen masyarakat wilayah Sulsel. Tudang Sipulung (duduk berkumpul) dalam bingkai silaturahmi itu dilaksanakan dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pilkada Serentak Aman dan Damai 2024 di Provinsi Sulawesi Selatan.

Urung rembuk inisiasi Kodam XIV/Hasanuddin ini mengangkat tema, " Tudang Sipulung Ciptakan Pilkada Serentak yang Damai di Wilayah Sulsel Tahun 2024”. Tudang Sipulung yàng ramai dan semarak tersebut digelar di Cafe Agung, Jl. Dr. Ratulangi, Kota Makassar, Selasa, (10/9/2024).

Giat silaturahmi ini dihadiri oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), KPU dan Bawaslu Provinsi Sulsel, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di daerah ini.

Selain itu Tudang Sipulung di cafe elegan itu juga dihadiri Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan organisasi mahasiswa dari berbagai pergurun tinggi di kota ini. Lengkapnya, Kodam XIV/Hasanuddin juga menghadirkan Ketua Organisasi Kewartawanan, pimpinan media serta para wartawan media cetak, media elektronik dan media online.


Pangdam XIV/Hasanuddjn Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun bersama hadirin dalam Tudang Sipulung di Cafe Agung Makassar, 10 September 2024. (Foto: Dok. Istimewa)   

Pada intinya, gelar silaturahmi ini bertujuan sebagai wahana untuk memperkokoh kebersamaan yang harmonis dan meningkatkan sinergitas antara seluruh komponen masyarakat wilayah Sulsel untuk mewujudkan Pilkada Serentak 2024 yang aman dan damai.

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun dalam arahannya pada prinsipnya menitipkan sejumlah pesan kepada khalayak dalam menghadapi seluruh tahapan pilkada serentak 2024 ini.

Diantaranya, memperkokoh kebersamaan, meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dengan seluruh komponen masyarakat. Mayjen Bobby juga bersikap bijak menyikapi kearifan lokal dengan berpegang teguh pada budaya Sipakatau, Sipakalebbi dan Sipakainge.

Bila ditafsirkan dalam bahasa nasional, lebih-kurang bermakna, sipakatau (saling memanusiakan antarsesama), sipakalebbi (saling menghargai dengan santun dan beretika) dan sipakainge (saling mengingatkan dalam setiap langkah). (*).

Penulis/Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :