Kampanye di Kadidi Dibanjiri Ribuan Massa Dinilai Pertanda SAR-Kanaah Bakal Menang di Pilkada Sidrap 2024.


Pria-wanita, tua-muda tumpah ruah ramaikan kampanye Paslon Bupati-Wabup Sidrap 1024, SAR-Kanaah di Kadidi Sidrap (Foto: Dok. Istimewa).

Nuansabaru.id SIDRAP - Kampanye Paslon Bupati-Wakil Bupati Sidrap, Syahruddin Alrif-Nurkanaah (SAR Kanaah) hari ke-10 di Kelurahan Kadidi Kecamatan Pancarijang, Jumat, 4 Oktober 2024, mengejutkan.

Tidak tanggung-tanggung, kampanye dialogis dan tatap muka yang dilaksanakan SAR-Kanaah saat itu dibanjiri ribuan massa.

Masyarakat tumpah-ruah menuju Kadidi, jalur lintas Kota Pangkajene-Rappang dan berjubel menghadiri temu akrab itu hanya untuk bersua dengan mendengarkan uneg-uneg calon pemimpinnya itu.

Apalagi, Syahruddin Alrif dikenal seorang putra daerah asal Pangkajene Sidrap yang telah mempersunting sorang wanita pujaannya beralamat Kelurahan Macorawalie, berbatasan dengan Kelurahan Kadidi.

Diketahui, selama menjabat Wakil Ketua DPRD Prov Sulsel kalau pulang kampung SAR sering 'nongol' di rumah panggung Macorawalie sehingga cukup menyatu dengan masyarakat sekitar.

Demikian halnya, Nurkanaah, purnabakti birokrat senior yang mendiang ayahnya bernama Pak Ismail, tokoh Dinas Pendidikan. Nurkanaah yang menikah dengan seorang putra almarhum Pak Lambogo (legenda dan sesepuh masyarakat Rappang), selama ini bermukim di Kota Rappang, kota tua yang merupakan ibukota lama Kabupaten Sidrap.

Kota Rappang, juga relatif tak jauh, diperkirakan hanya lebih-kurang 2 kilometer dari Kadidi. Oleh karenanya Kelurahan Kadidi dan sekitarnya merupakan basis pendukung SAR-Nurkanaah.

Pada momen kampanye dialogis dengan massa yang membludak itu simpatisan SAR-Kanaah menilai seolah sebagai pertanda bahwa SAR-Kanaah akan terpilih menjadi Bupati-Wakil Bupati Sidrap 2024-2029.

"Iye, rame btul kmpanyex kanda, ribuan orang. Ini, pertanda, Sar-Kanaah akan menang, " kata seorang pendukung paslon ini lewat pesan WhatsApp ke redaksi media ini, Jumat, (4/10-2024), malam Wita.

H. Rizal Bernazar Rp 100 untuk Bantuan Orang Miskin Kalau Sar-Kanaah Menang

Hal lain diungkapkan H. Rizal, salah satu tokoh sentral yang mengkoordinasi simpatisan untuk memberikan dukungan maksimal ke pasangan SAR-Kanaah dalam temu-akrab tersebut. Rizal menilai SAR-Kanaah memang beda dengan yang lain.

“Mereka memiliki visi dan misi yang jelas untuk memajukan Sidrap, dan program-programnya sangat menarik bagi masyarakat,” ujar H. Rizal seperti dilansir Katasulsel.com.

Menariknya, pengusaha H. Rizal juga sempat bernazar. Isi nazarnya, kalau Sar-Kanaah terpilih, ia siap berkontribusi Rp100 juta atau bedah rumah 10 orang tidak mampu.

Sebagai illustrasi pelengkap, di-revieu bahwa
seperti diketahui H. Syaharuddin Alrif sejatinya dalam Pemilu Legeslatif 2024 lalu, terpilih kembali menjadi legeslator DPRD Prov Sulsel 2024-2029 dengan perolehan suara signifikan.

Bahkan, seandainya politisi 'elegan' ini eksis sebagai anggota dewan terpilih, secara otomatis dia (Syaharuddin Alrif) bakal dilantik menjadi Ketua DPRD Provinsi Sulsel periode 2024-2029 lantaran Partai NasDem sebagai pemenang Pemilu 2024 di Sulsel.

Jelasnya, dari 85 kursi DPRD Sulsel periode ini, Partai NasDem meraih 17 kursi. Disusul Partai Golkar 14 kursi dan Gerindra 13 kursi. Sejumlah partai lainnya raihan kursinya di bawah 10.

Sèmpat muncul suara-suara kontroversial ketika itu karena Syaharuddin Alrif rela melepas 'jabatan empuk' sebagai Ketua DPRD Provinsi yang sudah dalam genggaman. Dalam hal ini, kalau ia mau, SAR termasuk salah satu sosok Forkopimda Sulsel, selevel dangan gubernur, Kapolda, Kajati, Ketua PT Sulsel, dan yang lainnya.

Kendati demikian, ternyata Syaharuddin Alrif lebih memilih 'pulang kampung'. Ia irit bicara tentang itu, namun aksi-aksinya menunjukkan bahwa ia serius dan bulat hati untuk pulang kampung mengabdi secara maksimal memajukan bumi kelahirannya Sidrap, apa pun rezikonya.

Dari sisi lain, mungkin ada yang berpretensi negatif terhdapnya. Namun, dari sudut pandang postif, Syaharuddin Alrif menunjukkan bahwa ia sosok yang serius alias tidak main-main untuk berbuat banyak demi kemajuan daerah yang berjuluk Bumi Nene' Mallomo ini.

SAR-Kanaah Siap Genjot Program yang Berpihak pada Rakyat

Nah, dalam orasi politik Syaharuddin Alrif di hadapan masyarakat di Kadidi, ia dan paketnya menegaskan kalau terpilih kelak, akan konsen membenahi sektor peningkatan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan perkenomian masyarakat.

“Kami akan fokus pada peningkatan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi masyarakat,” ujar Cabup yang merupakan alumni kader remaja Muhammadiyah Sidrap ini.

“Jadi kami juga akan menjalankan program yang berpihak pada rakyat, seperti bantuan modal usaha, beasiswa pendidikan, dan layanan kesehatan gratis dan sebagainya,” imbuhnya diiringi gegap-gempita suara riuh hadirin.

Massa seperti tersulut luapan kegembiraan menyambut idolanya sembari mengacungkan tangan berdesak-desakan sambil meneriakkan yel-yel, SAAAR, SAAAR..... menang.

Kampanye semarak Cabup-Cawabup SAR-Kanaah yang terbilang 'heboh' ini diprediksi akan direspons oleh rivalnya, paslon DOA TA dan HAMAS-NA. Imbasnya, menuju ke masa pencoblosan persaingan strategi memikat hati pemilih kian sengit.

Hari Jumat, 4 Oktober 2024 diperoleh informasi sebagaimana telah dipaparkan di atas, Paslon SarKanaah berkampanye di wilayah Utarà (Kelurahan Kadidi Kecamatàn Pancarijang).

Dengan pola strategi kampanye yang khas juga, Paslon Doa-Ta turun menyasar kantong suara pemilih di wilayah Timur Sidrap. Tepatnya, di wilayah terpencil Dusun 6 Desa Dengeng-dengeng Kecamatan Pituriase.

Sementara Paslon HAMAS-NA tentu dengan trik kampanye yang telah dipersiapkan, meluncur ke arah Selatan, jalur menuju perbatasan Kabupaten Soppeng. HAMAS-NA berkampanye di Bilokka, ibu kota Kecamatan Pancalautang, Sidrap. (*).

Pewarta/Editor: ABDUL

Informasi: Berita kampanye pilkada ini juga tayang di Indonesiantimes.com, media grup network Nuansabaru.id.


Topik Terkait

Baca Juga :